07 Agustus 2023

CMS BRI - Membuka User ID yang Terblokir



Hola!, kali ini Iru akan berbagi sedikit pengalaman dalam mengatasi  user ID yang terblokir karena lebih dari 3x memasukkan kata sandi yang salah.


Pengalaman ini terjadi di sesi terakhir approval transaksi, dan kunci permasalahan ini adalah pemberkasan yang rapih. hah, kok bisa pemberkasan Iru? 

Jadi begini ceritanya..


Hari itu, saat kejadian, transaksi sudah masuk ke tahap akhir atau User ID ketiga (signer) yang nantinya transaksi baru bisa berhasil terkirim ke rekening tujuan. Sudah tiga kali kata sandi salah, hingga akhirnya akun terblokir.


Panik? tentu saja. 


Perlu diketahui, untuk melakukan transaksi via CMS BRI diperlukan 3 User ID utama yang dibuat melalui Sistem Admin. Ketiga nya memiliki fungsi berbeda, yakni MCS (Maker, Checker, dan Signer). Nah, seperti yang disebutkan di awal, untuk membuat User ID dibuat melalui User ADMIN dan SYSADMIN. Bagaimana cara mengakses kedua sistem admin tersebut? Biasanya, pada awal pembuatan akun, petugas BRI akan membuatkan password untuk masing-masing sistem dengan password yang berbeda. Kemudian, pengguna yakni pemilik perusahaan atau karyawan yang ditugaskan akan mendaftarkan tiga User ID utama berikut password pada masing-masing ID melalui sistem ADMIN. Setelah itu, log in ke SYSADMIN untuk memvalidasi pembuatan user ID tersebut. 


Kembali ke cerita..


Iru kemudian memutuskan untuk menghubungi Help Desk CMS BRI. Seperti banyak keluhan yang ada, jujur memang agak sulid untuk dihubungi. Hingga pada kondisi sudah pasrah, akhirnya terdengar suara "Halo, dengan Help Desk CMS BRI...."


dan kurang lebih percakapannya seperti ini: 

    HD : Help Desk CMS BRI

    I : Iru

    No Help Desk CMS BRI = 0215758965


HD     : "Halo, dengan Help Desk CMS BRI, ada yang bisa saya bantu?"

I         : "Siang mba, begini mba, saya mendapat kendala akun terblokir ketika sedang melakukan transaksi CMS BRI. Sudah lebih tiga kali memasukkan kata sandi yang salah"

HD     : "Baik mba, bisa tolong infokan no rekening atau nama perusahaan (Iru lupa) agar saya lakukan pengecekan"..

I         : "No rekening nya atau nama perusahaannya..."

HD     : "Baik, mohon tunggu sebentar ya mba"

I         : "Baik mba"


Setelah 2 menit..


HD     : "Halo mba, berdasarkan pengecekan untuk password user admin masih aman. Silahkan untuk reset password melalui user admin"

I         : "Sudah mba, saya sudah berusaha berkali kali mencobanya tapi tidak bekerja (saat itu Iru beneran belum nyambung jika User ID yang biasa Iru gunakan untuk transaksi itu berbeda dengan User Admin) "

(Jadi, Iru kira reset password itu adalah reset password pada User ID yang biasa Iru gunakan untuk transaksi. Alhasil, saat mengakses CMS BRI, Iru terus menginput informasi user ID yang bermasalah. Padahal harusnya masuk dengan User Admin yang bisa diketahui saat pertama kali mendaftar CMS BRI).


HD     : "Silahkan untuk mencoba kembali mba, karena disini password tidak terblokir untuk admin".

I         : "hmm.. baik mba, akan saya coba lagi.. terima kasih mba"

HD     : "Mau saya sampaikan langkah-langkah ketika sudah masuk mba?"

I         : "ah iya mba, sebentar saya ambil kertas dulu"


Berikut langkah- langkahnya :

1. Login user admin melalui CMS BRI

2. Masuk ke menu administrator - user management - edit

3. Klik re-password pada user yang terblokir - reset

4. Transaksi sukses - Log Out

5. Login user sysadmin 

6. User management - Verify - Authorization - Approve - Transaksi sukses

7. Akan ada email masuk pada email yang didaftarkan pada sysadmin 

8. Cek email dan lakukan pergantian password "


I         : "Baik terima kasih mba, akan saya coba"

HD     : "Terima kasih telah menghubungi Help Desk CMS BRI".


Terima kasih mba/mas Help desk CMS BRI untuk bantuannya, baik via call dan e-mail. Maaf sudah merusuh 🙏.


Iru paham? tentu saja tidak. Iru tidak tahu sama sekali tentang User Admin, yang Iru tahu hanyalah User ID. Bahkan, yang dahulu bertugas membuat User ID pun tidak ingat tentang itu.


Lalu akhirnya Iru mulai melakukan pengecekan berkas BRI di lemari. Baca, dan terus membaca. Sedikit membingungkan karena selalu salah ketika mencoba login admin dengan password yang biasa diinput.


dan teng-teng ketemu! secarik kertas dengan tulisan admin dan password terselip di map. Iru kemudian mencoba login User Admin dan SYSAdmin dengan informasi tersebut dan BISA! Alhamdulillahh


Setelah itu, mulai melakukan langkah-langkah yang disampaikan mba help desk hingga akhirnya KYAAAA BISA LOGIN LAGI! rasanya? lega, plong, bisa senyum lagi. dan pelajaran yang paling utama adalah penting untuk rapih dalam pemberkasan, karena mungkin seperti kejadian ini, suatu hari akan diperlukan, baik itu dengan kita atau karyawan baru lain yang membutuhkan informasi ini kedepannya.


Sedikit cerita kali ini, semoga bermanfaat!.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates